Cara Mengecat Tembok Rumah – Rumah merupakan bangunan yang tidak hanya berfungsi untuk berteduh akan tetapi berfungsi juga untuk tempat pulang. Untuk itu keindahan dan kenyamanan rumah menjadi faktor utama yang perlu di perhatikan. Begitu pula cara mengecat tembok rumah, harus disesuaikan dengan karakter penghuni rumah, pemilihan warna yang tepat akan memberikan kesan nyaman dan hangat bagi setiap penghuninya.

Secara fisik, rumah berfungsi untuk melindungi penghuninya dari sengatan panas matahari, dinginnya angin dan hujan serta pengaruh lingkungan eksternal lainnya. Di dalam rumah juga, bisa memberikan rasa aman dan terlindungi. Sehinga tidak jika rumah menjadi prioritas dan aset yang harus dijaga serta dirawat dengan baik.

Cara Mengecat Tembok yang Benar

Salah satu cara menjaga dan merawat rumah adalah dengan mengecatnya. Polesan warna baru pada tembok dan juga atap, bisa menambah daya estetik sebuah rumah. Selain indah dipandang mata, juga menimbulkan rasa tenang bagi penghuninya.

Akan tetapi, soal mengecat rumah tidaklah boleh sembarangan. Karena ada beberapa hal yang harus dipersiapkan atau merupakan cara-cara rumit agar hasilnya bagus dan membuat tembok terlindungi. Agar tidak semakin penasaran, mari simak dalam cara mengecat tembok  berikut ini.

Bagi orang awam, memang dikira mengecat tembok hanya sekadar memoleskan cat ke tembok begitu saja. Namun, jangan terkejut jika hasilnya berantakan, tidak rata dan bahkan bisa cepat mengelupas sebelum masanya. Oleh karena itu, mari simak apa saja yang harus diperhatikan dan juga cara mengecat tembok.

Pemilihan Karakter Warna Cat Tembok

Dari banyak penelitian, disebutkan bahawa setiap warna memiliki makna dan dapat berpengaruh secara psikologis pada jiwa seseorang. Untuk itu, sebelum menentukan mau seperti apa cara mengecat tembok, sebaiknya mempelajari psikologis warna ini. Anda dapat memilih warna-warna dan menyesuikannya dengan warna yang Anda suka. Lihat Disini

Warna merah

Warna ini melambangkan sifat yang berapi-api, meriah, membara dan juga kuat. Memilih warna merah untuk cat tembok yang hendak dipakai itu sah-sah saja. Warna merah ini bagus untuk ruang tidur, dapur atau ruang makan, karena melambangkan cinta kasih yang membara dna kemakmuran. Sedangkan gradasi warna merah yang diinginkan, bisa disesuaikan dengan selera.

Warna ungu

Katanya, warna ungu ini untuk janda. Bukan ya, ungu sendiri mewakili warna yang elagan, anggun, bermartabat dan makmur. Warna ini bagus untuk tempat tidur atau ruang tamu, untuk membeli kesan mewah yang anggun. Mengecat rumah dengan warna ini, gunakan cara mengecat tembok yang professional agar hasilnya semakin elegan.

Warna orange

Warna orange atau kuning telur ini merupakan warna yang melambangkan keceriaan, semangat dan juga kehangatan. Sehingga cocok dijadikan cat luar atau ruang tamu, untuk memberikan semangat pada orang yang melihatnya sehingga energy semangat mengalir.

Warna abu-abu

Abu-abu identik dengan warna yang canggung dan misterius. Padahal warna ini sebenarnya melambangkan ketenangan dan juga ketangguhan. Warna abu-abu ini cocok untuk ruang belajar atau ruang berlatih, karena dapat meningkatkan focus dan juga daya pikir dlam menyerap pelajaran.

Warna merah muda

Warna yang identik dengan perempuan ini, memang melambangkan kelembutan dan feminisme. Jenis cat dengan warna ini cocok untuk ruang tidur atau ruang keluarga. Karena memberikan sentuhan kehangatan dari seorang ibu yang lembut dan menenangkan.

Warna cokelat

Elegan dan netral, warna ini cocok untuk segala ruang. Dengan warna ini, dapat melambangkan ketenangan, kelembutan sekaligus kemewahan. Sehingga, tidak jarang jika warna ini menjadi konsen utama dari sebuah warna bangunan dan property di dalamnya.

Ada banyak jenis warna lain yang bisa dipilih. Sehingga, sebelum memutuskan hendak membeli warna cat apa dan juga bagaimana cara mengecat tembok, sebaiknya mempelajari psikologi wanra ini dulu lalu menyocokkannya dengan selera.

Persiapkan Alat dan Perlengkapan

Setelah membeli cat, jangan lupa untuk membeli kuas dan roll, ini berguna untuk memudahkan dalam proses aplikasi cat ke tembok. Namun, dalam memilih jenis kuas dan jenis roll yang dipakai, sebaiknya memeriksa dengan detail. Ada banyak jenis kuas dan roll, yang masing-masing berfungsi untuk macam-macam. Jadi, tidak mudah bukan cara mengecat tembok itu?

Selain kuas dan roll, butuh juga perlengkapan berikut ini agar selama mengecat tidak terjeda lantaran kurang lengkap perlengkapna dan peralatannya.

  • Ember untuk mencampur cat dan air atau thinner.
  • Kain lap untuk membersihkan lantai yang terkena cipratan cat.
  • Sapu lidi dan sapu ijuk untuk membersihkan tembok yang hendak dicat.
  • Amplas untuk membersihkan permukaan tembok yang kotor bandel atau ditumbuhi lumut tebal.
  • Dempul untuk dasaran atau tambalan bagian yang tidak rata.

Jasa Renovasi Rumah

Bersihkan dan Siapkan Alas Penutup Lantai

Jika sudah selesai mempersiapkan alat-alat, maka tahap selanjutnya sebelum mempelajari cara mengecat tembok adalah membersikan permukaan tembok yang hendak dicat. Ini berguna agar permukaannya bisa nyampur dengan baik ketika dicat. Sehingga cat tidak mengelupas-mengelupas dan meninggalkan bekas jelek.

Jika sudah, maka lapisi lantai sekitaran tembok yang hendak dicat dengan tutup kain atau koran. Ini berguna untuk mempermudah ketika proses pembersihan. Biar tidak kerja dua kali untuk membersihkan percikan cat yang mengering di lantai.

Dempul Permukaan Tembok

Jika salah satu bagian tembok tidak cukup rata atau bergelombang, maka bisa menutup celah-celahnya atau retakan dengan semen. Kemudian menghaluskannya dengan dempul. Jika semua permukaan sudah rata, maka sudah siap dicat dengan beragam pilihan warna yang sudah ditentutkan.

Mulai Pengecatan

Cara mengecat tembok yang pertama adalah dengan mencampur cat dengan bahan campuran, hingga kekentalan yang diinginkan. Lalu mulailah untuk membuat lapisan dasar dulu, agar nanti warna yang dihasilkan bagus. Jika tahap pelapisan pertama sudah selesai dan cat sudah kering, maka tahap selanjutnya adalah memberikan warna pilihan.

Misalnya hijau, kuning atau warna-warna lain. Demikian pula dengan arah dalam menyapukan kuas atau roll, ini memengaruhi kualitas tampiln yang dihasilkan. Jika arah kuas atau roll, berantakan, maka ketika kering cat pun akan bergurat-gurat tidak jelas. Demikian juga dengan kekentalan yang diinginkan, jika tidak sama maka hasil warna pun tidak sama.

Ternyata, tidak mudah melakukan cara mengecat tembok yang baik, yakan? Oleh karena itu, butuh pemahaman dan juga keahlian khusus untuk menghasilkan tampilan yang cantik dan rapi. Belum lagi soal jenis dan nomor kuas yang dipakai, ini juga berpengaruh terhadap tampilan cat tembok yang dihasilkan.

Jadi, memang ada baiknya menyerahkan urusan cat-mengecat tembok ini pada penyedia jasa renovasi rumah saja, ketimbang nanti berantakan. Namun, jika cukup percaya diri dan tidak menuntut hasil yang sangat istimewa, maka bolehlah mencoba mengecat sendiri. Yang penting paham apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana cara mengecat tembok yang benar.

Mengecat tembok berguna untuk memberikan perlindungan pada tembok dan juga keindahan. Jadi, tidak akan percuma jika menghabiskan sekian nominal dana untuk biaya pengecatan. Selain mempertahankan fungsi dan kekuatan rumah, juga berguna untuk menghadirkan kenyamanan bagi penghuninya.

Selamat mencoba dan jangan lupa untuk banyak-banyak melihat tutorial cara mengecat tembok yang baik dan benar, agar hasil cat maksimal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tembok Retak dan Penyebeb Retakan Terjadi

Leave a Reply