Cara Membersihkan Kaca – Kegiatan rutin membersihkan kaca jendela maupun kaca lainnya yang ada pada rumah memang menjadi suatu kegiatan rutin. Selain bertujuan untuk merawat kaca dari jamur dan kerak yang menempel, dengan membersihkan kaca secara berkala akan memberikan kesan bersih pada rumah.

Sebab, jika kaca pada jendela rumah Anda tidak dirawat dan dibersihkan secara rutin maka rumah Anda akan terlihat tidak terawat. Bahkan bukan hanya itu dengan kaca yang bersih dan mengkilap akan memudahkan cahaya matahari masuk kedalam rumah Anda.

Sehingga kelembaban udara dalam rumah terjaga dan lebih menyehatkan bagi penghuninya. Memang jika dilihat cara membersihkan kaca jendela bukanlah pekerjaan yang sulit, akan tetapi ternyata masih banyak orang yang membersihkan kaca dengan cara yang salah.

Dalam pembahasan ini kami akan membagikan tips cara membersihkan kaca jendela rumah dengan cara yang mudah dan bahan yang banyak ditemui disekitar Anda.

Alat Pembersih Kaca

Cara Membersihkan Kaca Jendela

Jika Anda perhatikan saat ini banyak sekali perusahaan berlomba-lomba membuat produk pembersih kaca yang multifungsi dengan harga yang murah, bahkan diperkotaan besar bermunculan penyedia jasa pembersih kaca mulai dari skala rumahan hingga gedung perkantoran

Tetapi jika Anda ingin membersihkan kaca rumah Anda sendiri, maka perlu dipersiapkan alat-alat yang mungkin tersedia di rumah Anda. Perlengkapan alat yang harus Anda sediakan adalah :

1. Ember Berisi Air Bersih

Gunakan ember yang memiliki pegangan atau tangkai dengan ukuran yang tidak terlalu besar, tetapi cukup untuk menampung air bersih yang dapat Anda gunakan untuk membasahi kaca.

Pengangan pada ember berguna untuk mengangkat dan memindahkan ember yang berisi air bersih, untuk menjangkau bagian kaca yang tidak terjangkau.

2. Sarung Tangan Karet

Pergunakan sarung tangan karet dengan bahan yang elastis dan dapat melindungi tangan Anda dari cairan detergen pembersih kaca. Jika Anda tidak menggunakan sarung tangan karet, maka setelah pekerjaan selesai Anda akan merasakan panas pada tangan.

Cara membersihkan kaca dengan menggunakan sarung tangan juga membantu melindungi tangan dari goresan benda-benda tajam yang tidak terlihat mata pada saat Anda mejangkau sela-sela sempit pada bagian jendela rumah.

3. Larutan Sabun Deterjen Anti Septic

Gunakanlah cairan pembersih kaca yang dapat membersihkan kaca dengan cepat dan mengandung zat anti septic, tujuan dari anti septic adalah agar setelah proses membersihan kaca selesai. Permukaan kaca akan steril dari bakteri-bakteri yang mungkin saja hidup pada permukaannya kaca tersebut.

4. Spons Pembersih

Spons pembersih kac a akan membantu Anda untuk lebih mudah membersihkan permukaan kaca yang sudah dicampurkan air yang mengandung cairan anti septic.

Pemukaan spons yang memiliki pori-pori dapat menyimpan air dan mengangkat kotoran debu maupun jamur yang melekat pada permukaan kaca. Sehingga akan lebih muda dalam proses pembersihannya.

5. Wiper Pembersih Kaca

Cara membersihkan kaca dengan wiper banyak dipakai oleh cleaning service  pada restoran-restoran cepat saji dan perhotelan. Cara ini dirasa cukup efektip dan cepat dalam membersihkan kaca dengan bidang yang luas.

Tetapi jika Anda menggunakan pada kaca jendela rumah yang memiliki ukuran yang sempit akan cukup menyulitkan pekerjaan Anda.

6. Kain Microfiber

Jenis kain ini berbeda dengan jenis kain lap pada umumnya, kain microfiber memiliki daya serap air yang tinggi, sehingga baik untuk membersihkan kaca dari sisa air pada saat pembersihan pada permukaan kaca tanpa meninggalkan bercak air.

Cara Membersihkan Kaca

Berikut adalah langkah-langkah cara membersihkan kaca yang dapat Anda lakukan dirumah.

  1. Mulai dengan membersihkan kaca jendela yang berada pada bagian dalam rumah dan bagian yang mudah terjangkau. Bagian sisi luar kaca jendela pada umumnya lebih berdebu dan buram sehingga membutuhkan tenaga estra untuk membersihkannya.
  2. Beri alas kain ataupun plastik pada bagian bawah jendela untuk menampung sisa tetesan air agar tidak merantakan, pada saat Anda menyiramkan air pada saat membersihkan kaca .
  3. Baca cara pakai dan takaran pemakaian pada produk detergen untuk membersihkan kaca. Pastikan produk yang Anda gunakan menganduk cairan anti septic untuk membunuh bakteri yang hidup pada permukaan kaca.
  4. Jika produk yang Anda pilih tidak berbentuk semprotan, campurkan cairan detergen tersebut ke dalam ember atau wadah berisi air dengan takaran sesuai petunjuk. Kemudian aduk air hingga berbuih dan menyatu dengan sempurna.
  5. Celupkan spons pembersih kaca ke dalam larutan, peras dan langsung usapkan pada permukaan kaca yang akan Anda bersihkan.
  6. Apabila Anda menggunakan produk pembersih kaca dalam wadah semprotan, maka Anda dapat langsung menyemprotkan cairan pembersih tersebut pada permukaan kaca, kemudian usap dengan spons.
  7. Usapkan spons pada seluruh permukaan kaca hingga menjangkau semua bagian jendela, lakukan secara merata dan mendetail untuk hasil yang maksimal.
  8. Gunakan alat pembersih kaca jendela berupa wiper karet untuk menyapu cairan pembersih pada permukaan kaca. Posisikan wiper karet vertikal rapat pada permukaan kaca, kemudian tarik ke arah horizontal secara berulang.
  9. Gunakan kain mocrofiber bersih kaca untuk menghilangkan sisa-sisa cairan dan buih larutan detergen pada permukaan kaca.

Kaca Jendela Buram Karena Jamur

Cara membersihkan kaca jendela yang buram akibat kotoran debu dan jamur yang melekat pada permukaan kaca adalah akibat tidak dibersihkannya secara rutin permukaan kaca jendela rumah.

Masih banyak diantara kita yang mengeluhkan kaca jendela mereka menjadi buram, terutama pada musim hujan. Penyebab utama kaca jendela rumah Anda menjadi buram di musim penghujan adalah karena jamur dan plak kerak yang menempal pada permukaan kaca yang sulit dihilangkan.

Cara membersihkan kaca yang  buram adalah dengan menyemprotkan dan melapisi permukaan kaca dengan jenis cairan nano teknologi. Cairan ini memiliki kemampuan melapisi permukaan kaca agar tidak terkena air secara langsung.

Cara Membersihkan Kaca dari Jamur dan Kerak

Cara membersihkan kaca jendela rumah Anda yang terkena jamur sangatlah mudah. Cara yang akan kami bagikan ini sudah terbilang cukup ampuh, untuk menghilangkan jamur pada bagian permukaan kaca jendela rumah Anda maupun jenis kaca lainnya.

Berikut adalah tips cara membersihkan kaca dari jamur dan kerak yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Gunakan Kain Kering Khusus

Gosok dengan perlahan terlebih dahulu pada bagian permukaan kaca dengan lembut menggunakan kain kering yang bersih. Gosoklah merata hingga jamur pada permukaan kaca terlihat memudar.

2. Gunakan Air Soda

Jika jamur dan kerak masih belum hilang, maka gunakanlah air soda untuk membersihkannya, dengan cara menyiramkan air soda pada permukaan kaca. Kemudian bersihkan dengan kain yang memiliki tekstur lembut dan menyerap air.

3. Gunakan Pasta Gigi

Selain dapat menghilangkan bekas baret halus pada permukaan kaca, pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur dan kerak. Cara membersihkan kaca jendela dapat dikakukan dengan mengoleskan pasta gigi pada area kaca yang terkena jamur.

Tunggu beberapa menit hingga pasta gigi yang menempel pada permukaan kaca jendela mengering, kemudian bersihkan pasta gigi tersebut menggunakan air bersih.

4. Menggunakan Air Tembakau

Cara membersihkan kaca jendela dari jamur bisa juga menggunakan air tembakau. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah rendam daun tembakau dengan air bersih selama 20 menit.

Setelah itu usapkan pada kaca jendela Anda hingga merata, kemudian keringkan permukaan kaca dengan kain kering. Usapkan hingga permukaan kaca mengering dan terlihat kaca mengkilap kembali seperti baru.

Demikian tips dan cara membersihkan kaca jendela rumah Anda dari debu, jamur dan kerak yang dapat kami bagikan. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat Anda coba di rumah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Dak Bocor pada Saat Musim Penghujan Tiba

Leave a Reply