Cara Memasang Wallpaper Dinding – Wallpaper dinding adalah salah satu pilihan material finishing dinding yang cukup digemari. Hal itu disebabkan wallpaper memiliki variasi pola, jenis dan warna yang beragam.

Disamping itu pemasangannya yang relatif mudah dan praktis membuat banyak orang beralih memakai wallpaper dinding. Cara memasang wallpaper dinding harus tepat dan benar, sehingga ruangan akan lebih cantik.

Cara Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

Walaupun cara memasang wallpaper dinding terlihat mudah dan praktis, nyatanya masih banyak orang yang membutuhkan jasa renovasi rumah dalam pemasangannya, karena ragu dengan hasilnya apabila memasang sendiri.

Padahal untuk memasang dengan memakai tukang biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar lebih hemat, Kamu bisa mengikuti panduan mengenai cara memasang wallpaper dinding sendiri dengan benar dan mudah.

Persiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama, cara memasang wallpaper dinding sendiri rangkainnya dimulai dari mempersiapkan material dan peralatan yang diperlukan. Pilih pola wallpaper yang disukai, persiapkan pula alat kerja sebagai berikut :

  • Lem.
  • Tangga.
  • Cutter.
  • Pensil.
  • Penggaris.
  • Alas berbahan plastik.
  • Meteran.
  • Kuas untuk lem.
  • Pemberat lengkap dengan benang.
  • Ember untuk lem dan roller.

Apabila Anda ingin pemasangan wallpaper dinding tidak mengalami kendala, pastikan bahwa luas bidang dinding yang ingin dilapisi wallpaper telah diukur terlebih dahulu. Sehingga Kamu bisa memastikan berapa meter wallpaper yang dibutuhkan.

Bersihkan Permukaan Dinding

Sebelum proses pemasangan wallpaper dinding dilakukan, jangan lupa untuk membersihkan dindingnya terlebih dahulu. Baik dari noda atau paku yang mungkin masih menempel. Dinding yang bersih akan membuat wallpaper dapat menempel dengan benar dan kuat.

Pastikan juga bahwa dindingnya tidak mengalami rembes, tambal lubang atau terdapat tonjolan yang membuat dinding tidak rata. Tunggu hingga dinding kering lalu wallpaper dapat dipasang.

Memotong Wallpaper Dinding

Langkah cara memasang wallpaper dinding selanjutnya adalah potong wallpaper yang telah disiapkan sesuai dengan lebar dan tinggi dinding ruangan. Untuk bagian samping paling akhir, jangan lupa untuk diberikan kelebihan 20 sampai 30 cm untuk bagian sambungan.

Penting dilakukan agar terlihat serasi jika sambungan wallpaper ditumpuk. Sambil memotong wallpaper, pastikan juga bahwa tidak ada bagian yang mengalami sobek atau cacat.

Pada pemotongan lembaran kedua, jangan menggunting begitu saja. perhatikan polanya terlebih dahulu untuk menghindari pola yang tidak tersambung dengan benar.

Untuk mengeceknya, buat sejajar antara bagian pertama yang telah dipotong dengan gulungan yang belum terpotong.  Posisikan hingga terbentuk pola yang benar. Kemudian tandai wallpaper yang belum terpotong, barulah potong wallpaper tersebut.

Garis Bantu Untuk Mengatur Posisi Wallpaper

Proses cara memasang wallpaper dinding harus dibantu dengan sebuah penggaris atau garis bantu lainnya. Misalnya benang dan pemberat yang digantung untuk menggambar garis bantu yang lurus dengan menggunakan pensil dari atas ke bawah. Hal ini dilakukan agar posisi wallpaper terpasang dengan rapi dan lurus.

Persiapkan Lemnya

Lem adalah bagian yang tidak boleh terlupakan dalam pemasangan wallpaper. Setidaknya dalam proses ini dibutuhkan 2 adonan lem, yaitu lem untuk meratakan permukaan wallpaper dinding dan satunya adalah lem untuk sambungan antar wallpaper dinding.

Perbedaannya, lem untuk sambungan biasanya lebih kental, jadi tidak membutuhkan banyak air. Lem kedua ini juga digunakan pada bagian tepi dinding agar pemasangan yang dilakukan lebih rekat dan awet. Larutkan lem pada wadah yang telah disiapkan dan tunggu beberapa saat.

Ratakan Lem pada Wallpaper

Setelah lem yang dibutuhkan siap, persiapan selanjutnya cara memasang wallpaper dinding adalah menyiapkan wallpaper dinding yang sudah dipotong di atas meja panjang yang sudah dilapisi plastik bersih. Sapukan lemnya dan jangan terlalu basah karena akan menyebabkan gelembung atau permukaan tidak rata.

Sapukan dengan hati-hati. Pada bagian tepi wallpaper tadi, sapukan dengan lem yang lebih kental. Gunakan kuas atau roller dan usahakan selalu merata.

Mulai Memasang Wallpaper

Setelah dipastikan persiapan awal beres, proses selanjutnya adalah memasang wallpaper dengan motif atau pola sesuai keinginan. Untuk lembaran pertama, potong wallpaper yang panjangnya sesuai dengan tinggi dinding. Lalu bentangkan di lantai yang telah dilapisi alas dan beri lem menggunakan kuas pada sisi belakang wallpaper.

Begitu lem yang diberikan rata, diamkan selama beberapa menit sebelum berlanjut ke proses selanjutnya. Pemasangan wallpaper biasanya dimulai dari bawah hingga ke atas agar sisa wallpaper berada di atas dan tidak terlihat dari bawah.

Saat pemasangan, pastikan tidak ada gelembung udara. Tekan wallpaper ke dinding menggunakan penggaris agar benar-benar rapat. Selanjutnya ratakan wallpaper saat telah menempel dengan roller.

Posisikan Wallpaper dengan Benar

Cara memasang wallpaper dinding perlu memperhatikan ketelitian agar semua lembar terlihat menyatu. Pemasangan lembar kedua harus disesuaikan dengan pola pertama dan seterusnya. Jadi, akan terlihat rapi dan rata, aplikasikan lem secara merata seperti yang dilakukan pada lembaran pertama lalu tempelkan hingga dinding penuh.

Periksa Kerapiannya

Ketika wallpaper dinding telah terpasang, cek sekali lagi apakah pemasangan tersebut sudah benar-benar rapi. Apakah telah rata ataukah ada gelombang atau permukaan yang tidak rata.

Cek pula apakah masih ada sisa lem sambungan yang terlihat. Jika ada, bereskan semua masalah kerapian tersebut hingga dinding terlihat rapi dan menawan. Potong bagian yang berlebih di bagian atas atau bawah dinding yang terdapat sisa wallpaper.

Jasa Renovasi Rumah

Tips Cara Memilih  Wallpaper yang Tepat

Bosan dengan dengan dinding berwarna polos di rumah? Selain mengaplikasikan cat untuk mempercantik, wallpaper adalah salah satu alternatif untuk mengubah  warna dinding. Memilih dinding tidak bisa sembarangan, pemilihan motif harus disesuaikan dengan fungsi ruangan dan karakter pemilik rumah. Berikut adalah tips memilih wallpaper dinding yang tepat :

Sesuaikan Motif dengan Karakter Anda

Cara memasang wallpaper dinding harus mempertimbangkan tentang pemilihan motif yang tepat. Setiap warna memiliki arti dan efek psikologis  yang penting untuk diperhatikan, sehingga pemilihan warna harus dilakukan dengan tepat.

Pada umumnya warna yang dipilih merupakan cerminan atau kesukaan sesorang. Warna juga sering dikaitkan dengan karakter seseorang. Biasanya orang yang lembut cenderung memilih warna yang kalem.

Sesuaikan Motif dengan Fungsi Ruangan

Tidak hanya mengikuti warna kesukaan, pemilihan wallpaper yang tepat juga harus mengikuti jenis ruangan yang akan dipasang dengan wallpaper. Tentukan dahulu konsep ruangan apakah ingin terasa cerah, hangat, atau bertekstur.

Warna wallpaper biasanya akan mengikuti jenis ruangan. Untuk ruang tamu, wallpaper yang dipilih cenderung warna akromatik. Sedangkan untuk ruang keluarga lebih cerah dan berwarna. Demikian juga untuk kamar anak, untuk kamar utama, biasanya yang dipilih adalah warna yang kalem dan hangat.

Harmonisasi Motif dengan Warna Furnitur Ruangan

Memilih wallpaper biasanya juga disesuaikan dengan furnitur ruangan. Hal ini dilakukan agar ruangan terlihat serasi dan indah. Apabila furnitur yang ada di ruangan, maka wallpaper yang dipilih harus lebih netral dan lembut.

Cara memasang wallpaper dinding bisa jadi hal yang mudah untuk dilakukan ketika tahu bagaimana cara memasang wallpaper dinding yang benar. Semoga dengan adanya pembahasan cara pemasangan dari awal hingga akhir, bermanfaat sehingga tidak lagi membutuhkan bantuan tukang lagi. Selamat mencoba.

Baca Juga : Cara Mengecat Tembok Rumah dengan Warna Cat yang Tepat

Leave a Reply