Konsep Rumah Tropis – Berapapun ukurannya, membangun rumah membutuhkan biaya mahal. Bukan hanya karena harga real estate yang tinggi saja. Namun, material bangunan pun menjadi salah satu faktor penyebab membengkaknya biaya. Itulah mengapa, pemilihan material bangunan murah perlu dipertimbangkan.

Tidak harus bahan bangunan yang umum digunakan, seperti kayu atau pun batu bata. Anda juga dapat berkreasi dengan material alternatif yang dapat meminimalisir biaya pembangunan. Namun, dalam memilih bahan bangunan, iklim dimana Anda tinggal juga menjadi pertimbangan penting.

Khususnya di indonesia yang beriklim tropis, maka konsep rumah tropis menjadi alternatif desain rumah Anda dengan pemilihan material bangunan yang tepat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa contoh konsep rumah tropis dengan desain yang  modern dan kontemporer.

1. Panel Prefabrikasi

konsep rumah tropis Panel Prefabrikasi

Konsep rumah tropis menggunakan material panel prefabrikasi merupakan salah satu alternatif cara cepat dan membutuhkan biaya minim untuk membangun rumah yang sesuai dengan iklim di indonesia. Biasanya, penggunaan material bangunan ini untuk membangun rumah yang telah dibuat desainnya secara seragam.

Untuk konsep rumah tropis memiliki keuntungan dengan menggunakan bahan ini selain biaya yang dikeluarkan murah, waktu pengerjaan pun dapat lebih efisien. Rumah prefabrikasi biasanya berfungsi sebagai tempat tinggal sementara karyawan perkebun, pertambangan, serta proyek rekontruksi di wilayah eks bencana alam dan lain sebagainnya.

2. Beton Lembaran

konsep rumah tropis concrete house

Beton memang sudah sangat umum dingunakan sebagai material bangunan untuk interior maupun eksterior. Menariknya, beton lembaran atau dikenal pula dengan nama panel beton merupakan material bangunan yang dapat meminimalisir biaya dan cocok dengan konsep rumah tropis.

Di antara sekian banyak pilihan bahan bangunan yang murah, panel beton adalah salah satu material yang dapat dipasang dengan mudah, aman, serta stabil. Beberapa keunggulan lainnya adalah bahan bangunan ini cukup banyak, diantaranya seperti memiliki daya tahan, kualitas tahan cuaca, peredam suara, serta sifat isolasi yang baik.

Lebih dari itu, karena panel beton termasuk prefabrikasi dan tahan api, maka material bangunan ini tentu akan membantu untuk menghemat biaya pembangunan.

3. Pelapis Batu

konsep rumah tropis stone cladding house

Ingin memiliki desain rumah yang bagus menggunakan batu alam tetapi harga material bangunan ini terlalu mahal? Tidak perlu khawatir, karena sebagai alternatifnya, Anda dapat menggunakan pelapis batu atau stone cladding dengan biaya lebih murah namun tetap memberikan konsep rumah tropis modren.

Cladding dapat diibaratkan sebagai veneer yang diaplikasikan pada eksterior rumah. Karena lebih ringan dari material bangunan dari batu pada umumnya, tidak heran jika harganya lebih terjangkau. Lapis batu dapat digunakan di seluruh fasad rumah atau hanya sebagian, misalnya di dinding atau tiang-tiang penyangga rumah di teras.

4. Kontainer Bekas

konsep rumah tropis container house

Konsep rumah tropis dengan menggunakan material dari kontainer bekas yang digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah tampaknya semakin diminati. Sebab, selain tampilannya estetik, biaya yang dibutuhkan juga cukup murah. Bukan hanya dapat digunakan untuk membangun rumah mungil saja.

Saat ini penggunaan material dari kontainer bekas banyak diterapkan pada konsep wirehouse, kafe, foodcourt dan banyak lainnya. Penggabungan material bangunan ini juga mampu menghasilkan hunian yang lapang.

Tertarik untuk menggunakannya? Sebelum itu, perhatikan dulu kondisi kontainer, mengingat material bangunan ini tentu telah melakukan berjalanan laut yang panjang, memiliki karat, serta kerusakan lainnya.

Itulah mengapa, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kontainer ‘sekali jalan’ untuk meminimalisir adanya kerusakan. Meski harganya sedikit lebih mahal, namun kondisinya jauh lebih baik.

5. Lembaran Logam Bergelombang

konsep rumah tropis corrugated metal sheets house

Lembarang logam memiliki banyak keunggulan dan fungsi pemakanian, keuntungan lainnya selain dalam hal biaya. Contohnya jenis logam seperti baja, material ini kokoh serta tahan terhadap kodisi cuaca ekstrem dan api. Perawatannya pun cukup mudah karena yang dibutuhkan hanyalah lapisan cat baru atau lapisan seng untuk mencegah karat.

Sayangnya, pengerjaannya dapat menjadi sulit karena bobotnya cukup berat dan bukan isolator terbaik, sehingga kemungkinan akan memengaruhi biaya utilitas. penerapan konsep rumah tropis pada material jenis ini tidak banyak di gunakan, selain biaya yang relatif mahal, nuansa desain yang dihasilkan pun cendrung industrial.

6. Baja dan Besi Industri

konsep rumah tropis industrial house

Beberapa tahun belakangan ini, gaya rumah industrial sedang naik daun dan banyak diterapkan pada bangunan-bangunan rumah tinggal. Karena hal ini, material bangunan pelengkapnya seperti baja industri dan besi juga turut populer.

Penggunaan material baja ringan (cold formed steel) sangat bagus untuk konstruksi perumahan karena tidak membusuk, melengkung, pecah, retak, serta terserang rayap. Selain itu, rangka baja ringan lebih kokoh, sehingga dapat menghemat biaya dan efisiensi pemakaian dari pada kayu.

Anda dapat menggunakan material ini untuk atap serta dinding mengingat tingkat kekuatan dan ketahananya yang dapat dikombinasikan dengan jenis material lainnya. Untuk mendapatkan material bangunan jenis besi, baja ringan dan atap dengan kualitas terbaik, Anda dapat mengunjungi situs kencanaindonesia.co.id.

7. Kayu Reklamasi

konsep rumah tropis reclaimed timber house

Material kayu reklamasi merupakan potongan yang diambil dari hasil pengolahan material kayu yang telah tidak terpakai. Meski kondisinya bekas dan merupakan kayu tua, namun material bangunan ini akan membuat rumah lebih artsy. Terlebih lagi, kayu tua biasanya lebih tahan lama dan kondisinya kering. Sehingga kemungkinan untuk melengkung dan terbelah lebih kecil.

Jangankan untuk memberikan konsep rumah tropis nan indah, manfaat lingkungan juga akan didapat saat menggunakan kayu reklamasi. Selain itu, biaya yang akan Anda keluarkan dapat diminalisir saat menggunakan bahan bangunan ini, Anda mungkin perlu waktu lebih banyak di awal karena material ini cukup langka untuk didapat.

8. Bambu

konsep rumah tropis bamboo house

Konsep rumah tropis dengan menggunakan material bambu jika kondisi lingkungan memungkinkan. Selain dapat menjadi material bangunan yang mudah didapat, manfaat lainnya adalah ramah lingkungan dan memberikan kesan exsotis. Sebab, bambu merupakan jenis bahan bangunan yang paling terbarukan sekaligus salah satu yang terkuat.

Terbukti karena material ini telah digunakan selama berabad-abat, terutama di kawasan Asia. Kendati demikian, Anda perlu menekukan pengrajin yang mengetahui bagaimana cara pengolahan material ini, mengingat teknik sambungan akan berbeda dengan penyambungan pada umumnya.

Perlu di ingat pula jika material ini tidak cocok jika digunakan daerah dengan perkotaan karena bambu akan menyusut atau retak saat kelembapan udara kurang.

9. Kaca

konsep rumah tropis glass house

Setiap rumah pasti memiliki elemen kaca, setidaknya pada bagian jendela. Namun sering kali kaca juga digunakan sebagai material bangunan. Tentu saja, menggunakan kaca sebagai bahan bangunan akan membuat ruangan lebih terang. Bahkan jika digunakan sebagai material utama, efek dramatis dari sebuah hunian akan didapat.

Konsep rumah tropis menghunakan material kaca menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam penggunaannya, meski sebenarnya untuk material bangunan ini tidak dapat di katakan murah, namun kaca cukup efektif untuk konstruksi rumah.

Demikian beberapa material bangunan yang dapat Anda gunakan untuk mendesain konsep rumah tropis. Semoga pembahasan ini dapat menjadi referensi dan pengetahuan baru bagi Anda dalam mendesain rumah idaman yang sesuai keinginan dan kebutuhan keluarga.

Baca Juga : Perbedaan Granit dan Keramik Lantai yang Perlu Diketahui

Leave a Reply