Cara Menghilangkan Rayap – Salah satu hewan yang dirasa sangat mengganggu ketika di rumah adalah rayap. Rayap bisa merusak perabot rumah, terutama yang berasal dari kayu. Rayap juga dapat tumbuh dan berkembang dengan hidup berkoloni pada dinding, lemari, plafon semua prabot rumah yang menggunakan kayu.

Untuk menghilangkan rayap pada rumah memang tidak mudah, karena rayap tidak terlihat dan perkembangannya cukup cepat. Biasanya pemilik rumah baru akan sadar jika sudah terlihat kerusakan bagian prabot yang dimakan rayap, namun jika kerusakan belum begitu parah akan sulit dideteksi.

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan rayap yang sangat ampuh. Dijamin cepat dan efektif. Berikut uraiannya.

Penyebab Rayap Masuk Rumah

Rayap merupakan salah satu jenis serangga yang biasanya membuat koloni. Keberadaan serangga jenis ini akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan rayap masuk rumah supaya bisa diantisipasi. Simak penjelasan berikut ini.

1. Adanya Perabot Kayu

Salah satu aspek yang dianggap memiliki potensi besar mengundang rayap masuk ke rumah adalah adanya perabot kayu. Terlebih lagi jika perabot tersebut dibuat dari kayu yang kualitasnya kurang baik, tentunya potensi dimakan rayap akan lebih besar.

Bahan kayu memang dapat menyulap perabot menjadi tampak lebih elegan. Namun, ketika Anda memutuskan untuk memiliki perabot kayu, agar bisa menghindari rayap adalah dengan memilih kayu yang kualitasnya bagus.

Jika kualitas kayunya kurang baik, maka cara menghilangkan rayap  dalam kondisi tersebut akan cukup sulit. Biasanya, setelah dibersihkan, makhluk ini akan datang lagi.

2. Terdapat Rongga di Rumah

Hati-hati bagi Anda yang di bagian rumahnya terdapat rongga. Rongga-rongga tersebut bisa jadi merupakan rumah rayap. Aset-aset kayu yang sangat berharga bisa menjadi sarang dan makanan mereka. Jangan sampai mereka menghancurkan aset berharga Anda.

Meski dinding rumah terbuat dari tembok tebal, namun rayap tetap bisa masuk ke rumah melalui lubang bahkan jika ukurannya sangat kecil. Sebaiknya, Anda segera menutup rongga tersebut. Jangan sampai rongga semakin membesar karena rayap akan semakin mudah masuk ke rumah.

3. Sirkulasi Udara dan Cahaya

Cara menghilangkan rayap selanjutnya adalah kurangnya udara dan cahaya juga termasuk faktor penyebab masuknya rayap ke dalam rumah. Akses masuknya cahaya yang kurang baik serta kurangnya sirkulasi udara akan menyebabkan rumah tampak lembab dan redup. Kondisi semacam itu pasti akan mengundang rayap untuk bersarang di sana.

Rayap sangat menyukai tempat-tempat seperti itu karena akan memudahkan mereka dalam berkembang biak. Bahkan, tidak hanya rayap saja, serangga lain kemungkinan besar juga bisa ikut masuk ke dalam rumah.

Selain itu, rumah dengan suasana lembab juga dapat menyebabkan perabot yang berasal dari kayu cepat mengalami pelapukan dan berjamur. Oleh karenanya, bentuk pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan udara dan cahaya yang masuk ke rumah lebih dari cukup.

4. Rumah Kurang Bersih

Penyebab lain rayap masuk ke dalam rumah adalah keadaan rumah yang kotor. Rumah yang kurang terurus tentunya akan mengundang rayap masuk. Rayap akan dengan mudah bersarang di sudut-sudut ruangan bersama koloninya.

Cara menghilangkan rayap dalam kondisi ini adalah dengan rajin membersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya. Selain terhindar dari rayap, keluarga Anda pun akan lebih nyaman tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat.

5. Tanah Sekitar Rumah Subur

Memiliki rumah dengan kondisi tanah yang subur dan gembur mungkin akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Tanah yang gembur dan subur sangat bagus untuk bercocok tanam. Namun, siapa sangka bahwa sebenarnya kondisi tanah semacam itu juga membawa dampak negatif.

Anda harus tahu bahwa rayap sangat suka dengan kondisi tanah yang subur dan gembur. Mereka pasti senang berkerumun di tanah seperti itu. Jadi, bagi Anda yang memiliki rumah dengan kondisi tanah yang subur, jangan lupa memberi sekat di antara pekarangan dan rumah.

Namun, jika Anda sudah terlanjur membangun rumah yang tidak demikian, maka harus waspada jika suatu saat ada rayap yang masuk ke dalam rumah. Sebaiknya, Anda segera melakukan pencegahan, seperti menjaga kebersihan rumah dan menjaga dengan baik perabot yang berbahan kayu.

Cara Menghilangkan Rayap

cara membasmi rayap

Demi menghilangkan rayap, tentunya Anda akan melakukan berbagai macam cara. Namun, rayap bisa saja kembali lagi meskipun sudah dibersihkan. Berikut ini ada cara menghilangkan rayap yang dijamin sangat ampuh. Caranya juga tidak ribet, bahkan cepat, dan sangat efektif.

1. Menggunakan Kapur Barus

Pernahkah Anda menjumpai kapur barus dalam lemari baju? Kegunaan kapur barus dalam lemari tersebut tidak hanya untuk mengharumkan pakaian, akan tetapi juga sebagai zat kimia pembasmi serangga, seperti rayap.

Menghilangkan rayap menggunakan kapur barus dianggap sebagai cara paling efektif. Zat kimia yang terkandung di dalam kapur barus sangat mematikan, bagi sebagian serangga. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Letakkan segenggam kapur barus dalam lemari, dan rayap pun pasti akan enggan masuk ke sana.

2. Menggunakan Asam Borat

Selain kapur barus yang memiliki kandungan naftalena, ada juga bahan kimia bernama asam borat yang dipercaya dapat membasmi rayap. Obat pembasmi semacam ini dijamin sangat ampuh membasmi rayap sampai punah.

Jasa Tukang Bangunan

Cara menghilangkan rayap dengan menggunakan asam borat cukup mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke berbagai perabotan yang dirasa dapat mengundang rayap. Semprotkan secara berulang kali supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Menggunakan Air Sabun

Cara menghilangkan rayap yang lainnya adalah menggunakan air sabun. Bahan pembasmi yang satu ini tentunya sangat mudah Anda dapatkan di rumah. Bahan kimia yang terkandung di dalam sabun dapat mengganggu pernapasan serangga kecil, seperti rayap.

Cairan ini sangat direkomendasikan, selain karena mudah sekali didapatkan, air sabun sangat ampuh membasmi rayap. Penggunaan air sabun ini juga sangat mudah. Cukup siapkan air sabun, kemudian semprotkan ke seluruh bagian perabotan, terutama yang berbahan kayu.

4. Menggunakan Jebakan Kardus

Cara paling mudah menghilangkan rayap selanjutnya adalah dengan membuat jebakan menggunakan kardus. Pertama, Anda siapkan sebuah kardus yang sebelumnya telah dibasahi menggunakan air.

Kemudian, simpan kardus tersebut di tempat yang kemungkinan menjadi sarang rayap. Jika benar di tempat tersebut terdapat rayap, baik itu rayap tanah atau kayu, cukup dalam waktu singkat rayap-rayap akan berpindah di kardus tersebut.

Cara menghilangkan rayap ini memang tidak bisa membasmi sampai punah, namun setidaknya dapat mengurangi populasi rayap di rumah Anda. Setelah itu, baru terapkan cara membasmi rayap lainnya, sebagaimana yang sudah dijelaskan.

5. Menurunkan Suhu Ruangan

Sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya, penyebab rayap masuk rumah salah satunya adalah karena suhu di dalam rumah begitu lembab. Oleh karena itu, supaya rumah Anda terhindar dari rayap, turunkan suhu ruangannya.

Rayap sangat tidak suka dengan ruangan yang terlalu terang dan bersuhu panas. Di samping itu, rayap juga tidak suka di ruangan yang bersuhu terlalu dingin. Jadi, cara menghilangkan rayap jika ruangan Anda ber AC adalah, dengan mengatur suhunya menjadi lebih rendah, agar rayap enggan untuk masuk.

Jika Anda kesulitas dalam mengatasi permasalahan ini atau justru rumah Anda sudah mengalami kerusakan karena ulah serangan rayap ini, maka Anda dapat menghubungi jasa renovasi rumah bagi Anda yang berdomisili di kota Medan.

Sangat mudah, cepat dan efektif bukan cara menghilangkan rayap di atas? Namun, sebenarnya, cara paling ampuh menghilangkan rayap adalah dengan menjaga kebersihan di rumah. Dengan begitu, rumah Anda pun akan terbebas dari berbagai macam serangga, apalagi sekelas rayap ini.

Baca Juga : Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah Berjamur dan Buram

Leave a Reply