Cara Mengatasi Dak Bocor – Rembesan bahkan kebocoran pada dak bangunan rumah sering kali terjadi, kebocoran dapat timbul dengan tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Cara mengatasi dak bocor khususnya pada saat musim penghujan datang bukanlah pekerjaan yang mudah.

Hai ini dikarenakan dalam kondisi dak beton jenuh air atau basah tidak akan dapat di perbaiki dengan cara melapisinya dengan cat pelapis waterproofing. Karena cat waterproofing tidak akan dapat merekat dengan baik dan mengakibatan pekerjaan kurang efektif.

Dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi dak bocor serta produk apa yang dapat Anda pakai untuk memperbaiki kebocoran yang terjadi pada dak rumah Anda.

Penyebab Kebocoran pada Dak

Kebocoran dak beton pada bangunan rumah tinggal dapat terjadi dikarenakan banyak faktor penyebab kebocoran, begitu juga cara mengatasi dak bocor harus diketahui terlebih dahulu penyebab kebocorannya.

Setiap penyebab kebocoran memiliki karakteristik dan cara perbaikan yang berbeda pula, selain itu bahan yang di aplikasikan juga akan berbeda.

Terjadi Retakan pada Struktur

Retakan pada struktur dak dapat terjadi dikarenakan prosedur pekerjaan yang kurang baik dan tidak mempertimbangkan standar pekerjaan pengecoran yang telah ditentukan. Retakan yang timbul tersebut menjadi celah rongga terbuka yang memungkinkan pada saat turun hujan, air dapat mengalir dan merembes pada cela-cela retakan.

Yang mengakibatkan air masuk hingga bagian dalam rumah, tentu saja akan mengakibatkan kerusakan pada plafon dan bagian-bagian rumah lainnya. Cara mengatasi dak bocor yang perlu Anda ketahui jika retakan tidak diperbaiki dengan segera, lambat laun akan mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal yang akan terjadi pada bangunan Anda.

Retakan yang terbuka akan mengakibatkan besi tulangan terexpose secara langsung dengan udara dan air yang menyebabkan besi korosif, hal ini sangat membahayakan jika tidak dengan cepat segera di perbaiki.

Kualitas Pengecoran tidak Baik

Standar prosedur pekerjaan dan pengecoran telah diatur dalam standarisasi yang ditetapkan oleh pemerintah, akan tetapi kenyataannya masih banyak kita temui dalam pekerjaan pengecoran yang dilakukan penyedia jasa renovasi rumah tidak memenuhi standar tersebut.

Pada kenyataannya memang efek secara langsung tidak akan terlihat, akan tetapi dalam jangka panjang akan sangat membahayakan, retakan pada beton dan kerusakan lainnya hanyalah salah satu efek kecil yang timbul dari cara pekerjaan yang tidak tepat.

Dak Tergenang Air

Pada saat pengerjaan pengecoran dak lantai beton harus sangat diperhatikan healing atau kemiringan permukaan lantainya, kemiringan tersebut sangat berguna untuk memastikan arah air mengalir pada saluran pembuangan.

Jika healing permukaan dak kurang baik bahkan sampai air dapat tergenang, maka ini akan menjadi permasalahan yang dapat muncul di kemudian hari. Genangan air yang terjadi secara terus menerus khususnya saat musim penghujan datang, akan mengakibatkan air dapat merembes pada beton dak dan mengakibatkan beton berjamur dan lembab.

Terdapat Rongga Pori Beton

Kebocoran pada dak juga dapat terterjadi dikarenakan rongga pori beton yang terlalu banyak, rongga pori beton terjadi dikarenakan pada saat pengecoran tidak diratakan dan dipadatkan secara maksimal, sehingga terjadi segregasi material yang mengumpul pada bagian tertentu.

Cara mengatasi dak bocor jika terjadi dikarenakan rongga pori beton yang banyak akan sangat merepotkan, karena sudah pasti beton akan sangat jenuh air, hal ini disebabkan pori telah terisi dengan kandungan air.

Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan mengeluarkan kandungan air terlebih dahulu, setelah itu barulah Anda dapat melapisinya dengan lapisan waterproofng atau jenis pelapis dak lainnya.

Dak Beton Terlalu Tipis

Keterbalan dak beton pada saat pengecoran pembuatan dak haruslah di perimbangkan secara matang, standar ketebalan dak beton dengan luasan bentang lebih dari 9 meter persegi adalah 10 sampai 12 cm.

Jika ketebalan kurang dari itu maka akan sangat membahayakan, hal ini terjadi dikarenakan air akan sangat mudah merembes den menembus pori-pori beton, selain itu juga secara kekuatan dan daya tahan dak memikul beban diatasnya akan terbatas.

Dak Jenih Air

Dak beton yang jenuh air ini adalah efek dari kerusakan struktur beton lainnya yang telah kami bahas di atas, kondisi beton jenuh air pada dasarnya adalah rongga pori beton telah terisi air secara terus menerus.

Secara sederhana dapat di artikan ketika hujan datang, maka pori akan terisi oleh air dan ketika telah selesai musim penghujan permukaan dak akan mengering, akan tetapi proses ini akan terjadi secara terus-menerus jika tidak segera diperbaiki.

Kerusakan yang dapat terjadi jika tidak segera diperbaiki adalah sebagai berikut :

  • Munculnya jamur pada bagian bawah dak.
  • beton pada bagian bawan dak akan terlepas dan rapuh.
  • Terjadi kebocoran dan lembab yang tidak kunjung kering.
  • Korosi pada tulangan beton.
  • Barkurangnya kekuatan besi penopang dak beton.
  • Dak rubuh secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Dak Bocor yang Benar

Cara mengatasi dak bocor dapat dengan beberapa cara yang dapat Anda lakukan, tergantung dari jenis kebocoran dan penyebeb kebocoran pada dak rumah Anda. Metode perbaiki dapat dilakukan dari atas dengan melapisinya dengan waterproofing atau produk lainnya dan dilanjutkan dengan perbaikan dari bagian bawah dak.

Cara Mengatasi Dak Bocor dari Atas

Cara mengatasi dak bocor pada bagian sisi atas dapat dilakukan dengan beberapa metode material yang tersedia. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan pengamatan secara menyeluruh penyebab kebocoran dan posisi titik kebocoran berada.
  2. Setelah Anda menemukan penyebab dan posisi kebocoran maka perhatikan pula permukaan dak apakah terdapat retakan atau celah pada permukaannya yang memungkinkan air dapat merembes masuk melalui celah-celanya.
  3. Kemudian amplas permukaan dak yang dengan menggunakan mesin gerinda agar rata dan bersihkan permukaan dari debu dan serpihan kotoran yang melekan pada permukaan dak.
  4. Jika terdapat retakan pada permukaan dak, maka pahat retakan tersebut menyerupai paritan memanjang searat retakan, dengan kedalaman 1 sampai 1,5 cm.
  5. Kemudian bersihkan bekas pahatan dari debu, selanjutnya isi pahatan yang telah Anda buat dengan campuran cairan aspal atau sejenisnya yang dapat masuk dan menutup rongga retakan dengan baik.
  6. Setelah kering maka bersihkan permukaan dak kembali dari debu dan kotoran sisa pahatan yang Anda buat.
  7. Pada bagian ini selanjutnya Anda dapat melapiskan waterproofing pada permukaan dak.
  8. Pelapisan dapat dilakukan dengan mencampurkan material waterproofing dan air selanjutnya meratakannya pada permukaan dak beton.
  9. Perhatikan pula ketebalanan lapisan waterproofing haruslah seragam dan merata, setalah itu tunggu hingga kering dengan sendirinya.
  10. Anda dapat melakukan pelapisan waterproofing dalam beberapa kali untuk mndapatkan hasil yang maksimal.

Cara Mengatasi Dak Bocor dari Bawah

Sedangkan cara mengatasi dak bocor dari bagian sisi bawa dapat di lakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut ini.

  1. Setelah Anda memperbaiki sumber kebocoran, selanjutnya yang perlu Anda perbaiki adalah bagian bawah dak yang rusak dikarenakan air yang merembes dari atasnya.
  2. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah apakah kerusakan yang biasanya terjadi ada plafon sudah sampai hancur atau hanya berlumut.
  3. Jika kerusakan belum terlalu parah atau hanya muncul jamur pada bagian-bagian tertentu yang lembeb, maka cara mengatasinya adalah dengan hanya melapisinya dengan alkali.
  4. Alkali berfungsi membunuh dan menstabilkan kadar asam pada plafon gypsum saat terkena air.
  5. Setelah itu biarkan alkali mengering pada permukaan plafon dengan sendirinya.
  6. Tahap finsihing terakhir adalah dengan mengecatnya kembali dengan cat yang memiliki tekstur latex, yang dapat merekat dengan kuat pada permukaan tertentu.

Jasa Renovasi Rumah

Produk Pelapis Dak Terbaik

Cara mengatasi dak bocor dapat dilakukan dengan pemilihan produk yang banyak dijual dipasaran. Anda akan menemukan banyak bahan dan jenis produk pelapis dak atau waterproofing, kami menyarankan pilihlah produk yang cara pengerjaannya mudah dan disesuaikan dengan penyebab kerusakan yang terjadi.

Berikut adalah beberapa bahan dan jenis produk yang dapat Anda pilih :

Pelapis Styrene Acrylic

Material styrene acrylic ini biasa dipakai untuk melapisi permukaan beton pada pabrik atau bagunan industri agar kedap air dan tahan terhadap benturan. Struktur styrene acrylic yang keras dan merekat dengan naik menjadi pilihan yang tepat jika Anda membutuhkan kekuatan dan daya tahan yang stabil.

Selain itu material ini memiliki tekstur yang tahan terhadap perubahan suhu secara exstrim dan mengkilap sehingga memberikan kesan bersih pada area yang dilapisinya. Akan tetapi pemakaian material ini masih terbatas hanya pada bangunan insdustri.

Karena biaya meterial yang belum banyak dijual dipasaran, harga produk ini juga sangat mahal sehingga belum dapat di produksi untuk kalangan umum.

Pelapis Membrane

Pada awalnya penggunaan membrane sebagai lapisan pelapis anti bocor adalah untuk pekerjaan konstruksi dan jalan raya. Akan tetapi seiring perkembangan kebutuhan akan alternatif material palapis anti bocor, kini membrane banyak di pakai untuk rumah tinggal dan bangunan konvensional.

Cara pemasangan membrane adalah dengan dibakar pada permukaan dak, tekstur membrane yang melumer pada saat dipanaskan akan merekat dengan sangat baik jika sudah mengering. Bahan utama pembentuk membrane adalah aspal yang baik untuk menutup retakan yang lebar dan stabil.

Lapisan Cementius

cara mengatasi dak bocor

Lapisan cementius adalah metode pelapisan anti bocor dengan melapikan cairan kental pada permukaan dak untuk menutup retakan dan permukaan dak akan tidak langsung terkena air dan panas matahari secara langsung. Ini merupakah salah satu cara mengatasi dak bocor yang paling mudah dan murah.

Jenis material ini paling banyak ditemukan di pasaran dengan berbagai merk. Selain mudah didapat ditoko bangunan terdekat, harga yang relatif lebih murah menjadikan produk ini sangat banyak dipakai pada bangunan rumah tinggal.

Demikian penjelasan kami tentang cara mengatasi dak bocor dan penyebab kebocoran, semoga artikel ini dapat menjadi panduan dan menambah wawasan Anda dalam mencari solusi atas permasalahan kebocoran yang terjadi pada rumah tinggal Anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tembok Retak dan Penyebeb Retakan Terjadi

Leave a Reply